10 TIPS DAN GAMBARAN CARA MENINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK MANUSIA

Semua manusia memiliki kemampuan otaknya relatif sama. Walaupun manusia memiliki keunikan dan talenta masing-masing, tetapi cara manusia mengatur otaknya untuk menyelesaikan masalah sangat berbeda hal ini dapat disebut dengan tingkat intelektual dan kemampuan. Hal inilah yang akan dibahas, bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan otak manusia.
Berikut ini ada beberapa cara gambaran untuk meningkatkan kemampuan otak manusia:

  • Berhentilah
    Luangkan waktu sekitar 20-30 menit setiap hari untuk tidak memikirkan apapun. Waktu berfikir ini jangan digunakan untuk tidur, anggap saja hal ini sebagai meditasi, duduk dengan mencoba untuk berkonsentrasi pada pikiran. Fokuskan pikiran pada sesuatu yang membuat tenang jiwa kita. Sebuah penelitian di Universitas Kentucky di Amerika Serikat menyebutkan “bahwa orang yang biasa meluangkan waktu untuk meditasi selama 30 menit setiap malam, mendapat kemajuan yang lebih baik daripada orang yang meluangkan waktu sebentar untuk tidur siang”.

    • Galakkan olahraga
      Terapkan olahraga kepada kehidupan kita, karena berolahraga dapat meningkatkan volume otak. Seperti yang telah dipelajari oleh Universitas Illionis Amerika serikat. Mereka melakukan penelitian pada dua group berbeda. Group pertama melakukan latihan aerobik selama satu jam tiga kali seminggu sedangkan group lainnya hanya melakukan peregangan dan pengencangan badan saja. Hasil penelitian menyebutkan bahwa group yang melakukan aerobik mendapatkan peningkatan volume otak dan cairan putih yang menghubungkan setiap sel saraf manusia.

      • Seimbangkan kegiatan
        Olah raga telah lama dianggap sebagai obat yang dapat meningkatkan kekuatan otak, tetapi untuk meyakinkan diri agar tidak hidup susah dimasa tua nanti, kita harus memadukan setiap kegiatan yang dilakukan dengan seimbang. Ubahlah jadwal kegiatan yang sama setiap beberapa waktu tertentu. Jangan terlalu lama terbelit dalam rutinitas yang membosankan dengan adanya kegiatan yang berbeda maka kita akan juga memberikan stimulasi pada otak untuk bekerja dengan lebih baik.

        • Membaca buku
          Pilih satu jenis buku yang disukai, apakah literatur klasik, fiksi ilmiah, atau buku pengembangan diri. Dengan cara ini otak akan bertambah kuat. Bacalah buku sebanyak mungkin. Menurut para ahli, keuntungan membaca buku dapat memberikan dampak yang menenangkan bagi otak kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata. Lakukan kegiatan membaca secara teratur maka kita akan merasakan informasi yang bisa diserap akan membuat kita menjadi pembicara yang menarik.

          • Cukup satu cangkir kecil
            Mengkonsumsi kopi bisa meningkatkan kemampuan mengingat sesuatu dan konsentrasi tetapi setelah 40 menit kemudian, hasil riset pada binatang membutikan bahwa kemampuan sebelum meminum kopi akan kembali lagi seperti semula. Jadi sepertinya tidak perlu meminum kopi secara berlebihan.

            • Melibatkan diri dalam suatu perdebatan sehat.
              Dikusi yang seru selama tidak menjurus pada pertengkaran dapat memberikan stimulasi yang besar untuk otak. Bermain-main dengan menggunakan hubungan otak akan membuat aliran darah lebih lancar dan mengguatkan hubungan antara sel saraf dengan otak kita. Selain menyenangkan  hal ini juga berguna bagi kesehatan. Kita juga bisa melatih keahlian berfikir cepat, logis, kreatif. Satu hal lagi, dalam meyakini suatu teori pada saat debat akan membantu kita dalam karier dan  hubungan pribadi dalam pekerjaan.

              • Main video games
                Percaya atau tidak, memainkan video games tertentu bisa menjadi hal yang baik untuk kesehatan karena bisa mengembangkan kemampuan visual yang lebih baik dan membuat keputusan 85% lebih cepat daripada mereka yang tidak pernah bermain games. Seperti yang dikatakan oleh seorang ahli dari Universitas Rochester, New York. Pemain games bisa membaca Koran, mengenali pemandangan, atau mengambil objek tertentu lebih cepat dari mereka yang tidak pernah mengenal permainan video games dalam hidupnya.

                • Memperbanyak masukan informasi
                  Banyak-banyakah membaca Koran, atau berselancar disitus internet, cerita penuh motivasi, membaca sejarah, dan hal lainnya. Menerima berbagai informasi setiap hari akan menambah data juga untuk otak. Sama halnya seperti sebuah komputer, semakin banyak data yang di-input maka komputer itu akan semakin pintar. Stimulasi secara mental dapat meningkatkan keahlian pemahaman kita. Pengetahuan yang semakin bertambah juga akan membuat diri kita semakin bijak dan cerdas.

                  • Alat musik
                    Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sanford membuktikan bahwa mempelajari sebuah alat musik tertentu dapat mengembangkan kemampuan otak dalam proses pengucapan kata oleh manusia. Maka itu, pilih salah satu alat music yang disukai dan lakukan secara teratur. Selain itu, mempelajari musik juga akan memberikan stimulasi pada kreativitas individu. Memainkan alat musik akan memerlukan konsentrasi dalam mempertahankan nada dan tempo musik yang sedang dimainkan.

                    • Konsumsi snack
                      Mengkonsumsi snack yang berlemak rendah memberi tambahan keuntungan untuk sel abu-abu yang ada didalam otak kita. Seperti yang dilaporkan oleh British Nutrition Foundation bahwa kurma kering rendah lemak sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan otak. Konsumsi buah-buahan kering 200 gram sehari, maka kita akan membuat skor lebih tinggi dalam keahlian motorik daripada mereka yang tidak mengkonsumsi buah-buahan kering.
                      Dari sepuluh kegiatan yang dapat ditiru diatas, kita harus ingat untuk mempertahankan kekuatan mental dengan memberi diri kita sendiri banyak stimulasi. Dengan mempertahankan agar otak menjadi lebih aktif dalam meningkatkan kemamuan otak itu sendiri.
                      Selamat mencoba.

                      • Digg
                      • Del.icio.us
                      • StumbleUpon
                      • Reddit
                      • RSS

                      1 komentar:

                      Unknown mengatakan...

                      kurubah mindsetku kugapai mimpiku.

                      Posting Komentar

                      Entri Populer